English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 24 April 2011

Manfaat Susu yang Sebenarnya


Sempat kita dibikin bingung dengan hasil penelitian yang menyatakan: susu tidak berguna untuk kita. Susu sapi cuma bisa dipetik manfaatnya bagi anak sapi. Sedangkan manusia, kabarnya air susu ibulah yang terbaik. Padahal turun temurun manusia mengambil manfaat dari susu.

Jadi mana yang benar ? Berikut himpunan fakta terkini tentang susu 

Pertama, sumber kalsium

Susu sebagai jaminan tulang kuat karena kandungan kalsiumnya, masih melekat di benak seluruh penduduk dunia. Padahal kalsium masih bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau atau kacang tertentu. Kuatnya pendapat itu juga cukup berdasar, karena kalsium dari bahan hewani memang lebih mudah diserap tubuh daripada yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Kedua, mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Selain menguatkan tulang, susu punya manfaat lain: menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Mengapa? Kalsium bisa mencegah penggumpalan darah, memperlancar penyampaian impuls syaraf dan menstabilkan detak jantung.

Ketiga, mengurangi risiko kanker kolon

Berdasarkan studi, minum satu hingga dua gelas susu per hari bisa mengurangi risiko terkena kanker kolon. Namun lebih dari dua gelas susu per hari tidak berarti semakin memperkecil risiko terkena kanker.

Nah, susu tidak baik jika...

* Diminum lebih dari 3 gelas sehari! Hasil studi menunjukkan minum susu lebih dari 3 gelas sehari bisa meningkatkan risiko terkena kanker rahim. Hal ini disebabkan kandungan galaktosa yang terbentuk saat susu dicerna dalam tubuh, bisa merusak rahim.

* Tinggi lemak. Susu full cream sebaiknya dihindari ketika Anda sudah tidak lagi berada di masa pertumbuhan. Kandungan lemak jenuh yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

* Asupan tinggi kalsium kabarnya juga bisa memicu kanker prostat pada pria. Studi menunjukkan, pria yang yang minum dua atau lebih susu per hari risikonya meningkat dua kali untuk terkena kanker prostat.

* Jika Anda tidak tahan laktosa (lactose intolerant), mengonsumsi susu akan membuat Anda mengalami kembung, kram perut dan diare.


Mengingat manfaat susu yang tidak tergantikan bahan lain, dianjurkan tetap minum susu walau dalam dosis terbatas, yaitu cukup satu gelas per hari. Pilih susu yang low fat, tanpa tambahan gula, mentega, zat warna, dan zat perasa.

Related Post



0 comments:

CHATBOX

Entri Populer


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP